Perkembangan Anti Virus Komputer

Dasawarsa ini virus telah menjadi momok yang menakutkan bagi para pengguna komputer rumahan (Home PC) maupun perusahaan yang telah menerapkan sistem terkomputerisasi. Virus sebagai program yang didesain untuk tujuan jahat dapat merusak bagian-bagian tertentu dari komputer, bahkan yang paling merugikan adalah dapat merusak data-data penting dari suatu perusahaan. Untuk mengatasi hal tersebut maka diciptakanlah sebuah piranti lunak untuk melawannya yang biasa disebut anti virus. Sejarah mencatat bahwa perkembangan anti virus selalu lebih lambat dari virus itu sendiri.

 Walau virus ditemukan pertama kali pada dekade tahun 1970 an, namun banyak kalangan yang masih belum yakin akan gangguan tersebut. Baru pada tahun 1986 atau 1987 kata virus mulai dikenal secara luas setelah dipopulerkan oleh Ralf Bunner dalam sebuah bukunya. Sebagai respon dari semakin pesatnya perkembangan dari virus maka pada tahun 1988 muncul program virus untuk pertama kalinya yang dapat mengatasi gangguan virus Brain yang menyerang sistem MS DOS kala itu. 

Perkembangan program antivirus dapat diperiode menjadi empat generasi, yaitu :

  1. Generasi pertama : sekedar scanner sederhana. Antivirus menscan program untuk menemukan penanda (signature) virus. Walaupun virus mungkin berisi karakter-karakter varian, tapi secara esensi mempunyai struktur dan pola bit yang sama di semua kopiannya. Teknis ini terbatas untuk deteksi virus-virus yang telah dikenal. Tipe lain antivirus generasi pertama adalah mengelola rekaman panjang (ukuran) program dan memeriksa perubahan panjang program.
  2. Generasi kedua : scanner yang pintar (heuristic scanner). Antivirus menscan tidak bergantung pada penanda spesifik. Antivirus menggunakan aturan-aturan pintar (heuristic rules) untuk mencari kemungkinan infeksi virus.Teknik yang dipakai misalnya mencari fragmen- fragmen kode yang sering merupakan bagian virus. Contohnya, antivirus mencari awal loop enkripsi yang digunakan polymorphic virus dan menemukan kunci enkripsi. Begitu kunci ditemukan, antivirus dapat mendeskripsi virus untuk identifikasi dan kemudian menghilangkan infeksi virus. Teknik ini adalah pemeriksanaan integritas. Checksum dapat ditambahkan di tiap program. Jika virus menginfeksi program tanpa mengubah checksum, maka pemeriksaan integritas akan menemukan perubahan itu. Untuk menanggulangi virus canggih yang mampu mengubah checksum saat menginfeksi program, fungsi hash terenkripsi digunakan. Kunci enkripsi disimpan secara terpisah dari program sehingga program tidak dapat menghasilkan kode hash baru dan mengenkripsinya. Dengan menggunakan fungsi hash bukan checksum sederhana maka mencegah virus menyesuaikan program yang menghasilkan kode hash yang sama seperti sebelumnya.
  3. Generasi ketiga : jebakan-jebakan aktivitas (activity trap). Program antivirus merupakan program yang menetap di memori (memory resident program). Program ini mengidentifikasi virus melalui aksi- aksinya bukan dari struktur program yang diinfeksi. Dengan antivirus semacam in tak perlu mengembangkan penanda-penanda dan aturan-aturan pintar untuk beragam virus yang sangat banyak. Dengan cara ini yang diperlukan adalah mengidentifikasi kumpulan instruksi yang berjumlah sedikit yang mengidentifikasi adanya usaha infeksi. Kalau muncul kejadian ini, program antivirus segera mengintervensi.
  4. Generasi keempat : proteksi penuh (full featured protection). Antivirus generasi ini menggunakan beragam teknik antivirus secara bersamaan. Teknik-teknik ini meliputi scanning dan jebakan-jebakan aktivitas. Antivirus juga mempunyai senarai kapabilitas pengaksesan yang membatasi kemampuan virus memasuki sistem dan membatasi kemampuan virus memodifikasi file untuk menginfeksi file. Pertempuran antara penulis virus dan pembuat antivirus masih berlanjut. Walau beragam strategi lebih lengkap telah dibuat untuk menanggulangi virus, penulis virus pun masih berlanjut menulis virus yang dapat melewati barikade-barikade yang dibuat penulis antivirus. Untuk pengaman sistem komputer, sebaiknya pengaksesandan pemakaian komputer diawasi dengan seksama sehingga tidak menjalankan program atau memakai disk yang belum terjamin kebersihannya dari infeksi virus. Pencegahan terbaik terhadap ancaman virus adalah mencegah virus memasuki sistem disaat yang pertama.

Ibarat pencuri dan pemilik rumah, secanggih apapun pemilik rumah berusaha untuk membentengi rumahnya denga sistem keamanan yang ada. akan tetapi, tetap saja pencuri lebih cerdik dan mampu membobol sistem keamanan tersebut. Begitupula dengan pertarungan antara anti virus dengan virus, tampaknya tidak akan mampu mengatasi berbagai jenis virus dengan satu anti virus. Ditambah lagi adanya motif bisnis yang melatar belakangi perkembangan anti virus dan virus itu sendiri.

 Saat ini sejumlah perusahaan software telah membuat berbagai varian anti virus gratis yang  kita kenal dengan anti virus lokal dengan limpor. sebagai contoh untuk anti virus lokal ada beberapa varian yakni PC MAV, SMADAV, ANSAV, dll. Sedangkan, anti virus impor biasanya diwakili oleh KASPERSKY, AVG, NORTON, ANTIVIR, dll. Namun namanya jugagratis hasilnya pun kurang memuaskan beberapa fitur2 penting tidak dapat digunakan dengan maksimal, sehingga kalau kita mau mengoptimalkan fitur-fitur yang ada kita harus merogoh kocek yang lumayan untuk memperoleh lisensinya.

 

Fungsi anti virus

Antivirus perangkat lunak yang digunakan untuk mendeteksi virus berbahaya dan spyware pada sistem komputer. Hacker sering menanamkan virus pada situs-situs populer untuk menulari komputer dari siapapun bahwa kunjungan situs Web mereka. Anda harus mencari yang sesuai jenis perangkat lunak antivirus untuk menghentikan mereka dari invading tanpa sistem komputer Anda. Dengan perangkat lunak antivirus, virus dan spyware akan dihapus dari sistem komputer Anda terinfeksi untuk melindungi data penting. Kebanyakan perangkat lunak antivirus program dapat berguna mengidentifikasi umum jarang malware dan aplikasi yang tanpa disadari telah terinstal pada sistem komputer.

 

Fitur-fitur  anti virus

Perangkat lunak antivirus memiliki kemampuan mencari seluruh file pada sistem komputer. Alih-alih hanya melihat bagian kecil dari sebuah komputer yang ada file, perangkat lunak antivirus dengan teliti menganalisa itu. Hal ini mencegah virus, spyware, dan malware dari bersembunyi di komputer Anda mengkompromikan sistem dan data yang tersimpan di dalamnya. Di-scan akses adalah fitur lain yang berguna di berbagai perangkat lunak antivirus. Perlindungan real-time yang akan memberitahu Anda tentang segala aktivitas yang luar biasa file dapat menunjukkan sistem komputer Anda sudah terinfeksi. Virus removal fitur tersebut juga disertakan dalam perangkat lunak antivirus membawa mereka ke luar sistem komputer Anda saat ini. Dengan sering update virus database, perangkat lunak antivirus Anda akan secara efektif melacak ancaman terbaru yang dapat membahayakan sistem komputer Anda.

 

Apakah yang dimaksud dengan perlindungan antivirus? .

Antivirus perlindungan merujuk kepada tingkat keamanan dan keselamatan terhadap serangan virus yang ditawarkan oleh sebuah program anti virus atau perangkat lunak paket. An antivirus program perlindungan secures PC dari serangan virus berbahaya, Trojans dan cacing dan thwarts lainnya berbasis Internet ancaman sementara user yang online. Perlindungan antivirus program dapat dibeli dari merek, nama baik atau vendor dapat didownload sebagai freeware atau shareware.

Secures PC Perlindungan

J kuat perlindungan antivirus program defends dan melindungi PC dari serangan virus, dan ancaman infeksi dan umumnya secures PC keseluruhan keamanan dan performa.

Pemindaian Alerts

Kebanyakan perangkat lunak antivirus perlindungan terus berjalan di latar belakang. Perangkat lunak ini juga peringatan tentang pengguna berkala memindai atau scan terjadwal preprogrammed diperlukan untuk melindungi PC dari virus dan perangkat lunak berbahaya.

Online Secures pursuits

Perlindungan perangkat lunak antivirus memindai lampiran email, Website, belanja online portal dan akan mengamankan pengiriman online Web browsing dan pengalaman pengguna.

Up-to-Date Perlindungan

Regular pembaruan antivirus database, modul dan program virus definisi mengurangi kemungkinan baru atau lainnya muncul virus menjangkiti PC Anda dan pastikan up-to-date perlindungan.

Perlindungan atas Program Antivirus

Atas perlindungan antivirus program yang ditawarkan oleh Trend Micro, McAfee, Computer Associates, Zone Alarm, Norton dan Kaspersky Labs.

 

Mengapa menggunakan antivirus? .

anti virus program adalah perangkat lunak produk yang dirancang untuk melindungi komputer dari program jahat, yang harus digunakan bila ada yang di internet.

Bahaya

Alasan utama untuk menggunakan perangkat lunak antivirus adalah mencegah virus, spyware, dan adware trojans dari infiltrating harddisk anda. Berbahaya program ini dapat berpotensi merusak harddisk anda.

Masalah Kinerja

Bahkan jika komputer Anda tidak sepenuhnya crash, virus yang dapat mengurangi kinerja sistem dan menyebabkan annoying popups atau crash program. Virus ini dapat dicegah dengan menggunakan perangkat lunak antivirus.

Biaya

Beberapa program antivirus harus dibeli, namun banyak program yang solid dapat didownload, diperbarui dan digunakan secara gratis.

Pencegahan

Antivirus program dirancang tidak hanya untuk menghilangkan virus dari komputer, tapi untuk mencegah mereka dari menjangkiti komputer di tempat pertama. Lebih baik untuk menghentikan masalah sebelum mulai untuk menghitung dari pada yang dapat men-download dan menghapus virus setelah komputer Anda sudah terinfeksi.

Fitur-fitur

Banyak program-program anti virus ada tambahan fitur keamanan, seperti firewall, spyware dan berbahaya Scanners link / download Scanners.

Profile anti virus

AVG adalah istilah untuk perangkat lunak antivirus dan keamanan internet untuk Microsoft Windows, Linux, dan FreeBSD, yang dikembangkan oleh AVG Technologies.

Pengembang antivirus ini, AVG Technologies merupakan perusahaan Ceko yang dibentuk pada tahun 1991 oleh Jan Gritzbach danTomas Hofer.

 

Fitur avg :

  • Antivirus
  • Anti spyware
  • E-mail scanner
  • Id-protection
  • Resident shield

 

 

BitDefender adalah perangkat lunak antivirus yang dapat digunakan untuk Microsoft Windows, Symbian OS, Windows Mobile, Mac OS X (beta) dan freeBSD.pendiri Florin and Mariuca Talpes dengan sloganProactive Protection”

 

 

McAfee, Inc. NYSE: MFE adalah perusahaan perangkat lunak antivirus dan keamanan komputer yang berpusat di Santa Clara, California. Beberapa produknya adalah McAfee VirusScan, McAfee SpamKiller, IntruShield, Entercept, dan Foundstone. Didirikan pada 1987 sebagai McAfee Associates, dinamai menurut pendiri John McAfee, mereka kemudian bergabung dengan Network General dan membentuk Network Associates pada 1997. Pada 2004 mereka kembali menggunakan nama McAfee. Salah satu perusahaan yang dibeli McAfee adalah Trusted Information Systems, pencipta Firewall Toolkit.

 

PCMedia AntiVirus disingkat PCMAV adalah perangkat lunak antivirus buatan PCMedia. Selain menggunakan mesin antivirusnya sendiri, PCMAV juga dapat dipasangkan dengan mesin ClamAV sebagai tambahan sehingga bisa mendeteksi lebih dari 200.000 virus komputer. PCMAV juga dilengkapi dengan beberapa teknologi mutakhir, seperti ActiveCheck, DeepClean, SmartUnhide, dan GeneticHeuristic.

 

Symantec Corporation merupakan sebuah perusahaan multinasional yang menghasilkan berbagai macam perangkat lunak. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1982. Bermarkas di Sunnyvale, California. Perusahaan ini beroperasi lebih dari 40 negara.

 

Norton 360 adalah aplikasi keamanan komputer yang dikembangkan oleh Symantec Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows XP dan Vista. Norton 360 menawarkan perlindungan keamanan komputer tradisional, ditambah keamanan Web, backup dan alat pemeliharaan komputer.

fitur Norton 360:

 memiliki pelindung dari kebanyakan bentuk dari malware, termasuk virus, trojan, spyware, dan adware, serta firewall pribadi dan fitur anti-phishing.[1] Sebuah lisensi tunggal Norton 360 dapat digunakan untuk melindungi hinnga 3 komputer tanpa biaya tambahan. Pengguna juga dapat menggunakan Norton 360 untuk mem-backup data pribadi secara local drive atau online (versi standar memberikan space gratis 2 GB dan versi premier memberikan space 10 GB, meskipun space tambahan bisa dibeli).[2] Dalam penambahan, Norton 360 termasuk alat pemeliharaan tingkat dasar, termasuk disk optimizer dan registry cleaner, yang dibuat untuk mengoptimalkan komputer pengguna. Paket Add-on yang menyediakan fitur lain (termasuk parental control dan anti-spam) tersedia dari Symantec.[3] Norton 360 mempunyai tampilan tatap muka yang lebih sederhana dibandingkan kebanyakan produk Symantec lain yang sejenis dan dibuat supaya lebih otomatis

 

 

Kaspersky Lab (ejaan Inggris: [kæsˈpɝːski], atau dalam bahasa Rusia adalah Лаборатория Касперского, Laboratoriya Kasperskovo) adalah perusahaan yang membuat produk atau perangkat lunak anti-virus, perusahaan ini dibentuk oleh Natalia Kasperskaya dan bekerja sama dengan Eugene Kaspersky pada 1997, dan menawarkan produk anti-virus, anti-spyware, anti-spam, and anti-penghancur. Kaspersky Lab adalah perusahaan pribadi yang bermarkas di Moskwa, Rusia dengan kantor cabang regional di Jerman, Perancis, Belanda, Inggris Raya, Polandia, Romania, Swedia, Jepang, Cina, Korea dan Amerika Serikat[1].

Pada tahun 2005, majalah Red Herring memasukan Kaspersky pada daftar “Red Herring 100 Europe”, yang merupakan daftar-daftar 100 perusahaan pribadi di Eropa (termasuk Israel) yang berperan penting bagi inovasi teknologi.

Enjin Kaspersky Anti-Virus juga menopang sejumlah produk keamanan lainnya, seperti Check Point, Bluecoat, Juniper Networks, Sybari (saat ini dimiliki oleh Microsoft), Netintelligence, GFI Software, F-Secure, Borderware, FrontBridge, G-Data, Netasq, dan lainnya. Secara keseluruhan, lebih dari 120 perusahaan yang melisensikan tekonologi Kaspersky, membuatnya menjadi salah satu enjin anti-virus yang paling banyak digunakan.

 

Avira GmbH adalah sebuah perusahaan perangkat lunak antivirus buatan Jerman. Aplikasi anti virus yang didasarkan pada Produk AntiVir. Mesin Scan Virus AntiVir Biasa disebut “Luke Filewalker”, yang pertama kali diluncurkan pada tahun 1988. Biasa disebut “H + BEDV Datentechnik GmbH” ketika didirikan. Avira AntiVir Personal – Free Antivirus gratis untuk penggunaan pribadi. Mesin Anivirus Avira telah digunakan juga untuk Ashampoo antivirus dan Webroot WebWasher.

 

 

 

Avast! adalah sebuah program anti-virus yang dikembangkan oleh ALWIL Software yang berdomisili di Praha, Republik Ceko, program ini pertama kali dirilis pada tahun 1988. Avast! adalah salah satu program-antivirus yang pertama dirilis untuk Windows x64. Avast! 4 Home adalah program antivirus freeware yang tersedia bagi pengguna Microsoft Windows dan Linux. Pada bulan Oktober 2008 Avast! edisi Gratis telah diunduh sebanyak 32 juta kali di situs Download.com.[2] Sedangkan pada tanggal 7 Maret, 2008 Avast! edisi rumah telah dimiliki oleh 60 juta pengguna yang terdaftar.[3]

Avast! juga ditargetkan untuk mencegah beberapa ancaman komputer, termasuk beberapa program yang secara harafiah bukan virus komputer seperti spyware, bahkan anti-spyware palsu, dan juga menyediakan basis data pemulihan (recovery database) yang akan memulihkan data yang terinfeksi, bukan menghapusnya. Program ini juga menyediakan terjemahan teks dan suara untuk 27 bahasa.

 

Tentang marurental

mulai sesuatu yang kecil terlebih dahulu sebelum kau menggapai yang besar
Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s